NEGARA DENGAN JUMLAH POLISI TERANYAK DI DUNIA

Sejatinya, Polisi adalah seseorang yang bertugas mengayomi masyakarat. Tugas pokok polisi adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Jumlah anggota kepolisian di setiap negara itu berbeda – beda, PBB mengatakan bahwa mereka menyarankan jumlah personel polisi standard-nya yakni 222 personel untuk 100 ribu orang penduduk, maka dari itu suatu negara akan dianggap kondusif. Dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas tentang negara dengan jumlah polisi terbanyak di dunia, check this out !

Negara dengan jumlah polisi terbanyak di dunia

Tiongkok

Kepolisian Tiongkok adalah adalah sebuah pasukan penegakan hukum Tiongkok yang utamanya bertugas untuk mempolisikan warga sipil dan tugas-tugas pemadam kebakaran di Republik Rakyat Tiongkok, serta menyediakan dukungan untuk Angkatan Darat TPR pada masa perang. Jumlah personel nya adalah  1.5 juta. Akan tetapi, jumlah tidak menjamin keselamatan negara itu sendiri karena terdapat angka kriminalitas yang masih tinggi, ditambah dengan oknum polisi Tiongkok sendiri yang malah terlibat aksi kejahatan, seperti pemalakan, judi hingga korupsi.

India

Badan Polisi India adalah salah satu dari tiga Layanan Seluruh India dari Pemerintah India. Layanan tersebut menggantikan “Polisi Kekaisaran India” (Indian Imperial Police) pada tahun 1948, setahun setelah India meraih kemerdekaan dari Inggris. Instansi ini bukanlah sebuah kekuatan independen, tetapi memberi unsur kepemimpinan dan komandan untuk polisi negara bagian dan Pusat Pasukan Bersenjata Kepolisian India.Anggotanya adalah perwira senior kepolisian. Biro Penelitian dan Pengembangan Kepolisian di India bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan kepolisian di negara tersebut. Kepolisisan India memiliki 1,5 jumlah anggota personel. Akan tetapi, kepolisian India memiliki image yang buruk yaitu banyaknya aksi penyuapan sampai penyiksaan terhadap tahanan selama menjalani proses hukum .

Amerika Serikat

Amerika Serikat tercatat sebagai negara dengan penanganan kriminal terbaik di dunia. Kepolisian Amerika Serikat juga terbagi menjadi empat bagian yaitu Kepolisian Negara Bagian (State Police), Kepolisian Kota Besar (Municipal Police), Kepolisian Wilayah (Sheriffs), Kepolisian Tugas Khusus (Specialist Police). Jumlah keseluruhan anggota personel kepolisian di Amerika Aserikat adalah sebanyak hampir 800.000 orang. Misalnya saja Departemen Kepolisian Kota New York atau lebih dikenal sebagai New York Police Department. NYPD adalah lembaga penegak hukum dan investigasi utama yang bertempat di Kota New York, New York, Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 23 May 1845, NYPD adalah satuan kepolisian tertua sekaligus terbesar di AS. Markas besar NYPD berada di Gedung 1 Police Plaza, yang berlokasi di Park Row, Lower Manhattan, berseberangan dengan balai kota.Misi NYPD tersebut adalah “menegakkan hukum, menjaga perdamaian, mengurangi rasa takut, dan menyediakan lingkungan yang aman.” Regulasi yang mengatur tentang NYPD tertuang di dalam Pasal 38 Peraturan Kota New York.

Rusia

Didirikan: 1 Maret 2011 yang sebelumnya di dahului oleh Militsiya. Jumlah personel nya adalah sekitar 904.871 pada tahun 2016. Dalam negara yang super luas ini, membuat pemerintah Rusia harus mempertahankan dan memperluas jaringan kepolisian dan kemiliterannya juga. Akan tetapi, di balik canggihnya anggota aparat Rusia, terdapat kabar yang buruk seputar itu, misalnya saja pemerintah Rusia sendiri masih harus mengawasi kinerja satu per satu polisinya. Tidak sedikit dari mereka justru berkomplot dengan mafia dan terlibat kejahatan lainnya seperti penjualan senjata, human trafficking hingga korupsi.