INSTITUSI POLISI TERBAIK DI SELURUH DUNIA

Banyaknya kejahatan yang seolah tidak pernah surut membuat polisi semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak orang yang memimpikan untuk menjadi seorang polisi , namun sebelum menjadi polisi , seseorang harus melewati banyak tahap didikan yang di sediakan oleh sekolah kepolisian atau institusi kepolisian.

Setelah itu kamu bisa menjadi seorang polisi yang hebat. Di dunia ini terdapat negara dengan institusi terbaik di dunia, jejeran polisi dengan sesuatu yang pali terbaik diantara jejeran polisi di negara lainnya. Nah berikut adalah institusi polisi terbaik se dunia, penasaran? Yuk kita cek satu-satu.

Institusi polisi terbaik sedunia

  • New York Police Department

NYDP atau New York Department Police adalah lembaga penegak hukum dan investigasi utama yang bertempat di Kota New York, New York, Amerika Serikat. Didirikan pada tanggal 23 May 1845, NYPD adalah satuan kepolisian tertua sekaligus terbesar di AS. Markas besar NYPD berada di Gedung 1 Police Plaza, yang berlokasi di Park Row, Lower Manhattan. Misi NYPD tersebut adalah “menegakkan hukum, menjaga perdamaian, mengurangi rasa takut, dan menyediakan lingkungan yang aman.”NYPD memiliki pelbagai layanan kepolisian khusus, termasuk unit layanan darurat, K9, dan banyak divisi bagian kejahatan khusus lainnya. Divisi Intelijen dan Biro Antiterorisme NYPD memiliki agen-agen yang ditempatkan di 11 kota di seluruh dunia.Pada tahun 1990-an NYPD mengembangkan sistem manajemen CompStat yang juga dibentuk di kota-kota lain.

NYPD memiliki sumber daya dalam hal laboratorium dan penyelidikan TKP yang sangat luas, serta unit yang membantu penyelidikan kejahatan dunia maya. NYPD menjalankan suatu sistem Real Time Crime Center, yang pada dasarnya merupakan sebuah sistem mesin pencari dan gudang data yang sangat besar yang difungsikan oleh para detektif polisi untuk membantu petugas lapangan dalam penyelidikannya. Domain Awareness System, proyek kerja sama Microsoft dan NYPD, menghubungkan 6,000 CCTV, pembaca pelat nomor, dan perangkat pengawasan lainnya menjadi sebuah sistem yang terintegrasi.

  • Australian Federal Police

Polisi Federal Australia adalah polisi federal atau Commonwealth Australia. Organisasi ini dibentuk pada 1979 sebagai sebuah badan yang mampu menegakkan hukum kriminal Commonwealth, dengan kemampuan melindungi Commonwealth dan nasional dari kejahatan di Australia dan luar negeri. Pendirian organisasi ini dimotivasikan sebagian oleh Pengeboman Hilton Sydney setahun sebelum pendiriannya, yang mengungkapkan perlunya pembentukan pasukan polisi nasional. Didirikan pada tanggal 19 Oktober  1979. Lokasi kantor pusat di Canberra, Australia.

  • Kepolisian Nasional Prancis

Di dalam polisi keamanan nasional Prancis terdapat badan bernama kawalan keamanan republik yang merupakan badan sipil yg diorganisir secara militer. Badan ini berbentuk kompi-kompi dengan kekuatan 200 personil yang merupakan satuan cadangan strategis yg mobile. Mempunyai satuan kepolisian yang dinamakan Gendarmeri Nasional yang bersifat sipil dan militer. Gerdarmeri menangani penyidikan kejahatan sekaligus mengawasi anggota angkatan bersenjata. Sistem Kepolisian Perancis terdiri dari 3 komponen utama yaitu polisi keamanan nasional (surete nationale), gendarmeri nasional (gendarmeri nationale), dan prefecture police (polisi paris dan provinsi seine). Di kepolisian nasional prancis juga memiliki standarisasi profesionalisme, efisien, efektif baik dalam bidang administrasi maupun operasional. Terdapat standar profesionalisme yang seragam sehingga dapat mengatur pelaksanaan tugas kepolisian sekaligus dapat mengukur sejauh mana badan kepolisian melaksanakan tugasnya. Dengan adanya standar maka akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan perbaikan.

  • Polizia Di Stato Italia

The Polizia di Stato (Polisi Negara atau P.S) adalah salah satu pasukan polisi nasional Italia. Mereka juga efektif dalam menjalankan divisi “Anti Mafia Italia”. Secara keseluruhan, institusi kepolisian itu terdiri sekitar 300.000 petugas yang menjadikan mereka unit kepolisian dengan kuantitas terbanyak di Uni Eropa. Mereka juga berkolaborasi baik dengan Angkatan Bersenjata Italia dan juga pasukan khusus lainnya.